Senin, 18 Desember 2017

Urgensi Menjaga Kesehatan

 




Tadzkiroh: QS: 3: 132-148
Janganlah kita merasa lemah fisik dan lemah mental, sehingga kita tidak berdakwah atau berjuang di jalan Allah; sesungguhnya  Islam adalah agama yang benar.  Kita harus dapat berfikir positif, yaitu jika kita terluka  dalam  berperang, lelah dalam berdakwah, sibuk dalam beraktiftas dan membutuhkan kekuatan fisik, maka sebernarnya orang kafirpun demikian juga.
Ketika kita berjuang di jalan Allah janganlah  takut akan  mati. Sesungguhnya sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya.
Untuk dapat sukses, diperlukan ketakwan, tidak lesu, tidak menyerah dan sabar. Ya Allah, ampunilah dosa-dosa kami,  dan tindakan kami yang berlebihan dalam urusan kami, kuatkan pendirian kami. Amin.

Kesehatan: Ma la yatimmul wajibu illa bihi fahuwa wajib.
            Serulah manusia ke jalan Islam, sebuah agama yang hanif. Bekerjalah kamu dalam kebaikan, sehingga  Allah, Rasul dan orang lain akan melihat pekerjaan kita. Tunaikan ibadah sholat, puasa dan haji dengan baik.
Beberapa perintah di atas  bersifat wajib bagi ummat Islam, jadi MENYIAPKAN SEGALA SESUATUNYA  sehingga kewajiban tersebut dapat terlaksana maka hukumnya wajib. 
Kita dapat menyeru manusia ke jalan Islam dengan  sempurna APABILA BADAN KITA SEHAT.
Kita dapat bekerjalah dalam kebaikan, sehingga  Allah, Rasul dan orang lain akan melihat pekerjaan kita, APABILA BADAN KITA SEHAT.
Kita dapat menunaikan ibadah sholat, puasa dan haji dengan  sempurna  APABILA BADAN KITA SEHAT.
 

Pemeliharaan Fisik: Dari Kesehatan menuju Kekuatan

Rasul bersabda, “Bahwa Almu’min qowiyyu khairun  wa ahabbu illalloh minal mu’min dhoif, wa fi kullin khoirun”. Sebenarnya target menjaga kesehatan bukan sekedar sehat, tapi sehat dan kuat. Dengan memiliki badan sehat dan kuat, maka kita akan memiliki “ full power” dalam bekerja. Dengan full power, maka produktifitas kita  akan lebih baik dan lebih tinggi.

Kini kita harus berfikir lateral (kreatif), yaitu bagaimana membuat dan menjaga agar tubuh kita  dapat lebih sehat dan lebih kuat !?.

Keteraturan Olah Raga: KONSEP  KESEHATAN PROMOTIF

Pejamkan mata, periksalah   melalui perasan  anggota atau organ tubuh anda satu persatu. Berbuatlah jujur dengan perasaan andaa sendiri. Tariklah nafas anda dalam-dalam dan tahaan, kemudian lepaskan  perlahan-lahana. Rasakan bagaimana kesehatan paru-paru anda.
Ulangi kembali, berdirilah, lakukan pernafasan dalam, adalah sesuatu yang anda rasakan.
Semua orang tahu, bahwa olah-raga membuat kita sehat, tapi kita terkalahkan dalam hal “KONSISTENSI”.
Dalam kontek ini, maka pelajarilah tentang  “ Bagaimana pembinaan dan Kekuatan Fisik “ pada bahasan  (materi) yang lain.


Faktor-faktor yang mempengaruhi  Kesehatan: Bukan uang, tapi WEELLNESS


Penting dari yang paling penting: bahwa mengetahui bagaimana kita harus sehat, mendeteksi kelainan fisik, mengerti akan  penyakit dan segala  sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan bukanlah milik dokter, perawat atau profesi lain dalam kesehatan. Pengetahuan kesehatan akan menjadi miliki semua orang yang ingin badannya sehat.  
Agar Hidup  kita lebih sehat, maka  ada  beberapa hal yang praktis yang perlu kita ketahui sehubungan dengan masalah kesehatan. Umumnya orang yang memiliki uang banyak mempunyai persepsi akan mampu menjaga kesehatannya dengan baik. jadi untuk apa sebenarnya uang dapat digunakan:



Untuk apa
UANG dapat digunakan ?

w   Kemewahan tetapi bukan KEBAHAGIAAN

w   Rumah tetapi bukan  TEMPAT TINGGAL

w   Makanan  tetapi bukan SELERA ,NAFSU MAKAN

w   Obat tetapi bukan KESEHATAN

w   Sek tetapi bukan  CINTA, KASIH SAYANG

w   Bed tetapi bukan  TIDUR

w   Kekuasaan tetapi bukan MARTABAT

w   Pengikut tetapi bukan  PERSAHABATAN

w   Sertifikat  tetapi bukan  KEMAMPUAN

w   Perjanjian tetapi bukan  KOMITMEN

w   Kesempurnaan tetapi bukan  PEMBERDAYAAN


Kesehatan bukanlah sesuatu yang abadi, dia tidak dapat dibeli dengan uang. Kesehatan  adalah sesuatu yang harus dipelihara. 
Kesehatan adalah sesuatu yang spesifik. Renungkan, adakah jaminan jika anda meminum sebuah obat  dia pasti sembuh. Renungkan, apakah setelah anda chek up kesehatan, anda dijamin tidak akan sakit? Renungkan, apakah setelah anda berobat, kemudian anda memastikan bahwa anda akan sakit  satu bulan sesudah berobat, bisa jadi baru tiga hari sudah sakit lagi. Kesehatan bukanlah sesuatu  yang dapat disimpan. 

 

WELLNESS:Agar kita dapat menjadi sehat maka kita dapat menggunakan  resep sederhana WELLNESS.

Health towards year 2000

wWater

wEnvironment

wLife drug free

wLaugh

wNutrition

wExercise

wSleep

wSocial and spiritual balance

Dr .Kathelen Kuntjorof


Renungkan, apa manfaatnya. 
1. Air
Tubuh kita hampir 80 % strukturnya berasal dari air. Umumnya orang akan cepat sakit  ketika konsdisi   pasokkan air dalam tubuh kurang atau dibawah normal. Kita sebenarnya memerlukan jumlah air sebanyak hampir 4 liter per  hari.
Sekarang ini sudah mulai populer terapi dengan menggunakan air.

2. Lingkungan
Lingkungan yang buruk akan dapat menyebabkan orang sakit. jagalah kesehatan lingkungan anda.  Lingkungan pada komponen udara  mejadi penyebab paling tinggi  untuk penyakit. Di Indonesia penyakit yang paaling tinggi  adalah ISPA (infeksi saluran nafas paru  atas). Khusus bagi anda yang tinggal di kota besar, maka jaswalkan secara ketat anda dapat olah raga di tempat udara yang cocok, segar  minimal 3 bln sekali. Pad akondisi tersebut, maka paru-paru anda akan mengembang secara maksimal dengan sempurna  dari udara yang sehat dan bersih.

EKONOMI KESEHATAN: Kenapa Kita  Harus mengerti Hal ini ?

Kesehatan bukanlah segala-galanya, namun segala0galanya menjadi  kurang bermakna, jika tubuh kita tidak sehat.
Sesungguhnya konsep kesehatan telah mengalami pergeseran dari fungsi sosial menjadi fungsi INDUSTRI. INDUSTRI akan  identik dengan investasi, keuntungan, kualitas pelayanan,   dan lain ................

Ada beberapa hal aspek ekonomi kesehatn yang perlu kita ketahui: yaitu

KARAKTERISTIK  INDUSTRI KESEHATAN

Komoditi, Konsumsi dan Investasi
  1. Fragmented: Membeli yang dibutuhkan saja, tidak seperti beli mobil. Ketika membeli mobil, maka kita membeli utuh satu mobil.
  2. ASIMETRI INFORMATION, CONSUMER IGNORANCE:  Dampaknya,  pasien dapat mempengaruhi dokter, atau dokter mempengaruhi pasien, atau provider mempengaruhi pasien dsb.
  3. UNNECCESSARY PROCEDURES: Perlu atau  tidakkah kita di foro CT Scan, atau diperiksa lab, atau harus operasi CITO malam ini juga.
  4. NON MEDICAL COMPONENTS: Dapat menyebabkan biaya kesehatan melambung tinggi dan menjadi mahal. Teliti sebelum membeli tidak selalu berlaku.
  5. UNCERTAINTY  ADN UNPREDICTABLES NEEDS.  Ingat bahwa kesehatan bukan sesuatu yang dapat kita rencanakan, hal ini termasuk kita tidak dapat menabung untuk sehat.  Bila hari ini sakit dan berobat, maka  kita tidak dapat  menabungnya, karena bisa jadi  4 hari lagi kita sakit  pada hal yang sama.
  6. NON PROFIT MOTIVE ?  Tentunya beda antara RS Negri, RS Swasta, RS PMA dan RS anda sendiri.
  7. MIX INPUT, MIXOUTPUT DAN JOINT PRODUCT:  Kita membeli kesehatan  tidak mudah, seringkali berbagai hal yang kita butuhkan untuk dapat sehat. Tidak ada prosedur baku persis sama setiap pasien, karena setiap sakit   bersifat spesifik.
  8. EXTERNAL EFFECTS: Agar sakit TBC dan SAKIT MATA menular pada orang lain maka perlu pengobatan serius. Perlu vaksin, agar tidak menular pada orang lain.
  9. LABOUR INTENSIVE:  sebenarnya pelayanan kesehatan seperti  unsur  banyak hal dalam kehidupan, bayangkan jika anda masuk ke RS; maka akan ada unsur Restoran, Bengkel, hotel dll.
  10. PUBLIC GOODS:  Kesehatan adalah kebutuhan semua orang, kapan saja, diamana saja. Namun jika bergeser menjadi INDUSTRI KESEHATAN PADA MASA DEPAN, Anda bisa banyangkan jadinya. kita harus semakin  baik dalam menjaga kesehatan. SISIHKAN  UANG  UNTUNG BIAYA  KESEHATAN.
  11. DEMAN: Siapa yang mebeli kesehatan, kenalilah dengan baik  
  12. SUPPLY: Apa dan Siapa yang  menjual  dan menawarkan kesehatan, kenalilah.


Dan semuanya kita kembalikan kepada Allah,  manusia hanya dibekali akal untuk digunakan secara optimal dan memperoleh kebahagiaan di dunia.

  






0 komentar:

Posting Komentar