Setiap muslim harus dapat memahami dengan benar
nilai-nilai yang terkandung dalam Dinul Islam serta menghayatinya.
Selanjutnya, ia harus mampu mengimplementasikan nilai-nilai tersebut ke dalam
seluruh ruang kehidupannya. Ia harus tunduk dan menyerah kepada Allah SWT, baik
lahir maupun batin, dengan melaksanakan segala perintah dan menjauhi segala
larangan-Nya. Dengan demikian, ia telah memasuki rumah Islam secara kaaffah
(sempurna): tidak ada sisi kehidupannya yang tidak ia warnai dengan nilai-nilai
luhur Islam. Oleh karenanya, Allah berfirman dalam sebuah ayat-Nya, sebagai
berikut.
“Hai orang-orang yang beriman,
masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhannya, dan janganlah kamu turut
langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu.” (al-Baqarah: 208)
Di saat seorang Muslim mampu
menerapkan syariat Allah dalam seluruh dimensi kehidupannya: aqidah, ibadah,
akhlak, politik, ekonomi, pendidikan, militer, dan sosial budaya, maka ia
menjadi salah satu dari “khairu ummat”. Ia termasuk golongan “ummatan
wasathan” (umat yang selalu menegakkan nilai kebenaran dan keadilan), dan
niscaya ia menjadi salah satu dari “al-Mu’minuuna haqqan”
(manusia-manusia Mukmin yang sebenarnya). Inilah identitas seorang muslim apabila
telah mampu menyerap seluruh nilai-nilai Islam dalam ruang kehidupannya.
Perhatikanlah beberapa ayat Allah di bawah ini.
“Dan demikian (pula) Kami telah
menjadikan kamu (umat Islam), umat yang adil dan pilihan agar kamu menjadi
saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan)
kamu.…” (al-Baqarah:
143)
“Kamu adalah umat yang terbaik
yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari
yang mungkar, dan beriman kepada Allah.…” (Ali ‘Imran: 110)
“Dan orang-orang yang beriman dan
berhijrah serta berjihad pada jalan Allah, dan orang-orang yang memberi tempat
kediaman dan memberi pertolongan (kepada orang-orang Muhajirin), mereka itulah
orang-orang yang benar-benar beriman. Mereka memperoleh ampunan dan rezeki (nikmat)
yang mulia.” (al-Anfaal:
74)
Di sini, seorang Muslim memiliki izzah
(kemuliaan) dan kekuatan di hadapan manusia-manusia lain. Sebab, izzatul-Islam
dan kemuliaan kaum Muslimin tidak mungkin dicapai kecuali dengan kembali kepada
ajaran Islam itu sendiri, yaitu dengan mengaplikasikan nilai-nilainya dalam
setiap dimensi kehidupan. Umar bin Khaththab r.a. berkata, “Kami dahulu adalah
kaum yang paling hina, lalu Allah menjadikan kami mulia dengan Islam. Jadi,
manakala kita mencari kemuliaan dengan selainnya, yang Allah menjadikan kita
mulia dengannya, maka Allah tentu akan menjadikan kita hina” (dikeluarkan oleh
al-Hakim dalam Al-Mustadrak dan disepakati pula oleh adz-Dzahabi dalam Talkhis-nya).
Namun fenomena indah yang
digambarkan ayat-ayat Allah di atas, dewasa ini semakin tidak nampak, cahaya
keindahan nilai-nilai Islam dari ke hari semakin redup dan bahkan sirna sama
sekali dan menghilang dari ruang kehidupan ummat. Ummat mulai kehilangan arah
tujuan hidup dan bahkan sebagian mereka telah menggantikan nilai-nilai Islam
dengan nilai-nilai jahiliah.
Di sisi lain, virus-virus moral,
budaya dan tsaqofah islamiah yang pernah diwariskan para orientalis dan
penjajah masih tumbuh kuat dalam jiwa ummat ini. Dan nilai-nilai ini terus mengakar
dalam kehidupan ummat sampai saat ini. Begitu juga kekuatan-kekuatan musuh
Islam skala internasional seperti Fremansory, Lion Club, Rotary Club dan
LSM-LSM lain yang memiliki tujuan membrangus nilai-nilai Islam terus bergerak
ke jantung ummat. Sementara ummat semakin asing dengan nilai-nilai agamanya
sendiri dan tidak berdaya berhadapan dengan tantangan-tantangan global.
Oleh karenanya, untuk
mengantisipasi merebaknya virus-virus ummat dan gerakan musuh-musuh Islam, kita
bisa memulainya dengan meyakini kembali nilai-nilai kebenaran Islam dan
menyerapnya ke dalam seluruh ruang kehidupan. Dengan keyakinan ini, diharapkan
dalam diri kita lahir kembali kesadaran penuh tentang agama ini, dan
selanjutnya bertebaran buah amal islami di bumi kehidupan kita.
II.
PERSOALAN INTERNAL UMMAT
Problem yang dihadapi ummat Islam dewasa ini
meliputi seluruh dimensi kehidupan. Persoalan-persoalan inilah yang
mengakibatkan ummat mengalami stagnasi dalam segala bidang dan akhirnya sangat
mudah ummat Islam terjebk dalam jaring-jaring persengkongkolan atau konspirasi
musuh-musuh Islam. Keloyoan, kelemahan dan keterbelakangan yang ada dalam tubuh
ummat Islam dewasa ini menyebabkan mereka tidak merasa memeliki izzah kembali
dengan nilai-nilai luhur yang pernah dipegang oleh Salaf sholeh sebelumnya.
Persoalan dan problematika ummat saat ini bisa kita konklusikan dalam beberapa
point-point berikut ini;
·
Iman
Apabila manusia muslim imannya lemah ia tidak akan
pernah merasakan nikmatnya iman tersebut. Ia senantias terombang-ambing dalam
panggung kehidupannya dan ia tidak memiliki jati diri lagi sebagai muslim yang
sebenarnya. Sebaliknya manusia muslim yang memiliki kekuatan iman yang
sebenarnya bukan hanya sebatas keyakinan saja, ia akan mersa ketentraman,
kedamaian, percaya diri dan bahkan mampu melukiskan karya-karya besar dalam
kanvas kehidupannya. Dan inilah hamba-hamba Allah yang dijanjikan mewarisi
bumiNya. Perhatikan ayat-ayat berikut ini;
“Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang
beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia
sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa dimuka bumi, sebagaimana Dia
telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan
meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka, dan Dia
benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah mereka dalam ketakutan
menjadi aman sentausa. Mereka tetap menyembahku-Ku dengan tiada mempersekutukan
sesuatu apapun dengan Aku. Dan barangsiapa yang (tetap) kafir sesudah (janji)
itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik.”
(an-Nuur: 55)
“Yang selalu merasakan nikmat iman dalah orang
rela menjadikan Allah sebagai Robb, menjadikan Islam sebagai agama dan Muhamad
sebagai Nabi.” (HR. Muslim)
“Tiga perkara yang dimana seseorang memilikinya
maka ia akan merasakan manisnya iman, Allah dan Rasul-Nya lebih dicintai dari
pada yang lain, Seorang yang mencintai orang lain, ia tidak mencintainya
kecuali Allah dan orang yang benci dikembalikan ke dalam kekufuran sebgaimana
ia benci dilemparkan ke dlam api neraka.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)
·
Ibadah dan Akhlak
Melemahnya ibadah dan akhlak di kalangan ummat
Islam akan mengakibatkan ketidakberdayaan ummat mempertahankan eksistensi
dirinya di dunia ini. Padahal setiap ibadah yang diwajibkan Islam kepada ummatnya
mengandung nilai-nilai filosofis yang tinggi dan nilai-nilai akhlak yang luhur.
Perhatikan beberapa ayat-ayat Allah SWT berikut ini;
“Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu
Al Kitab (Al Qur'an) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya
shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar…” (al-‘Ankabuut: 45)
“Hai
orang-orang yang beriman, ruku'lah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu dan
perbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan.” (al-Hajj: 77)
“Umar bin Khattab ra berkata dalam suratnya kepada Amr bin al-Ash, “Wahai
Amr, sesungguhnya kita hanya dapat menglahkan orang-orang kafir itu karena
ketakwaan kita dan kekafiran mereka. Maka ketika kita berdosa kepada Allah,
tiada lagi sumber kemenangan yang kita miliki, sebab-sebab orang-orang kafir
selalu melebihi kita dalam sarana perang dan jumlah pasukan. Maka, bertakwalah
kepada Allah dengan sebenar-benar takwa.”
Jauhnya generasi muda Islam dari agamanya
merupakan cita-cita tinggi yang diimpikan oleh para orientalis yang notabane
menjadi musuh-musuh besar Islam. Samuel Zweimer, Direktur organisasi missi pada
konferensi para misionaris di kota Al-Quds tahun 1935 berkata, “Misi utama yang
dibebankan negara-negara Kristen kepada kita bukanlah menjadikan kaum muslimin
sebagai orang Kristen, karena hal itu adalah soal hidayah dan kemuliaan. Misi
utama kita ialah mengeluarkan muslim dari ajaran Islam, agar menjadi orang yang
tidak memiliki hubungan lagi dengan Allah, sehingga ia tidak mempunyai ikatan
akhlak sebagai pegangan hidup umat Islam….”
Yang akhirnya mereka menyaksikan generasi-genarasi
muda muslim terombang-ambing dalam dunia maya kemaksiatan, mengekor pada
permainan libido yang menguasai seluruh ruang kejiwaannya dan jauh dari akhlak
mulia Islam. Allah berfirman;
“Maka
datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan
memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan.” (Maryam:
59)
·
Sosial
Beberapa persoalan yang terus terjadi dan menghantui kehidupan social ummat
adalah hilangnya persatuan, masalah seksual, narkoba, Perdagangan ABG dan
kemaksiatan-kemaksiatan lain yang semakin marak dewasa ini. Perhatikan beberapa
peringatan dari ayat-ayat Allah dan hadits Nabi;
“Dan ta'atlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan
janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang
kekuatanmu dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”
(al-Anfaal: 46)
“Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya
zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.” (al-Israa’: 32)
“Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak
menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar
dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; maka
berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu).” (al-Maaidaah: 91)
عَنْ عَبْدِ اللهِ ْبنِِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا
قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ َيقُوْلُ يَا مَعْشَرَ اْلمُهَاجِرِيْنَ حِصَالٌ
خَمْسٌ إِنْ اُبْتُلِيْتُمْ ِبهِنَّ
وَنَزَلْنَ بِكُمْ أَعُوْذُ بِا للهِ أَنْ تُدِْركُوْهُنَّ لَمْ تَظْهَرْ
فَاحِشَةٌ ِفيْ قَوْمٍ قَطُّ حَتَّى يُعْلِنُوْا بِهَا إِلاَّ فَشَا فِيْهِمْ اَلأَوْجَاعُ اَلَّتِي لَمْ
تَكُنْ فِيْ أَسْلاَفِهِمْ ولَمْ يَنْقُصُوْا الْمِكْيَالَ وَاْلمِيْزَانَ إِلاَّ
أُخِذُوْا بِالِّسِنْينَ وَشِدَّةِ اْلمُؤْنَةِ وَجَوِْر الُّسلْطَانِ وَلمْ
يَنْقُضُوْا عَهْدَ اللهِ وَ عَهْدَ َرسُوْلِهِ إِلاَّ سُلِّطَ عَلَيْهِمْ
اْلعَدُوُّ مِنْ غَيْرِهِمْ فَأَخَذَ بَعْضَ مَا فِيْ أَيْدِيْهِمْ ولَمْ
يَمْنَُوْا زَكَاةَ أَمْوَاِلهِمْ إِلاَّ مُنِعُوْا القُطْرَ مِنَ السَّمَاءِ
وَلََوْلاَ الْبَهَائِمُ لَمْ يُمْطَرُوْا وَمَا لَمْ تَحْكُمْ أَئِمَّتُهُمْ
بِكِتَابِ اللهِ إِلاَّ جُعِلَ بَأْسُهُمْ بَيْنَهُمْ رَوَاهُ التُرْمُذِيْ وَابْنُ مَاجَةَ وَاْلَبْيَهِقْي
Dari Abdillah ibnu Umar ra. berkata,
“Rasulullah saw. telah bersabda, ‘Wahai, Kaum Muhajiriin, ada lima hal yang aku khawatirkan jika
menimpa serta menguji kalian, dan aku berlindung kepada Allah semoga kalian
tidak mendapatkannya. Tidaklah perzinahan merajalela pada suatu kaum hingga
mereka melakukannya secara terang-terangan, kecuali akan menyebar
penyakit-penyakit yang belum pernah terjadi pada umat yang sebelumnya,
dan tidaklah mereka mengurangi timbangan dan takaran, kecuali akan ditimpa paceklik serta mahalnya harga kehidupan
ditambah dengan pemimpin yang tiran...” (HR. Turmudzi dan Ibnu Majah)
·
Pendidikan, Pembinaan, dan Dakwah
Rasulullah saw. diutus ke bumi dengan mengemban misi khusus yaitu
membacakan ayat-ayat, mentazkiah dan mengajarkan Al-Kitab dan Al-Hikmah kepada
ummatnya agar mereka memahami visi dan misi kehidupannya, agar mereka melek
peradaban yang ada di sekitarnya dan agar mereka menjadi saksi-saksi kebenaran
dan kebaikan atas umat yang lain.
Maka ketika ta’lim dan
tarbiah (pendidikan dan pembinaan) yang sesuai dengan minhaj salaf sholih tidak
dilirik kembali oleh ummat Islam dan bahkan ditinggalkan sama sekali, niscaya
akan muncul syubhat pemikiran di tengah-tengah ummat, merajalelanya syahwat
yang mendominasi dalam kehidupan dan kebodohan mewarnai masyarakat. Inilah
fenomena masyarakat muslim ketika tarbiah, ta’lim dan dakwah tidak berperan
lagi dalam masyarakat sebagaimana yang diisyaratkan ayat ini;
“Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang
jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka
kelak akan menemui kesesatan.” (Maryam: 59)
Oleh karenanya, Allah menyeru kepada setiap mukmin untuk selalu melakukan
amar ma’ruf dan nahi munkar.
“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada
kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah
orang-orang yang beruntung.” (Ali
’Imran: 104)
·
Ilmu Pengetahuan dan Tsaqafah Islamiyah
Kekuatan yang dimiliki ummat dan kemenangan yang
selalu dijanjikan Allah SWT kepada mereka, bukan hanya bertumpu pada sisi
aqidah atau ibadah saja dan tanpa diiringi dengan ilmu pengetahuan Islam dan
ekspansi kebaikan atau amal islami dalam kehidupannya. Namun, kekutan dan
kemenangan itu tegak kokoh di atas tiga pilar yang satu sama lain tidak boleh
terpisahkan yaitu, iman, ilmu dan amal (ibadah), dan saat ini, ketika ummat
mulai meninggalkan tsaqafah islamiah dan ilmu pengetahuan lainnya yang
bermanfaat, maka kekuatan dan kemenangan tersebut berangsur-angsur akan hilang
dan pada akhirnya digantikan dengan ketidakberdayaan serta kelemahan.
Sebagaimana Allah nyatakan dalam firman-Nya.
“…Katakanlah: "Adakah sama orang-orang yang
mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?" Sesungguhnya orang
yang berakallah yang dapat menerima
pelajaran.” (az-Zumar:
9)
“…niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang
beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa
derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (al-Mujaadilah: 11)
mengenai hal ini, Imam Syafi’i berkata, “Sesungguhnya jati diri seorang
pemuda—demi Allah—ada dalam ilmu dan ketakwaannya. Apabila keduanya tidak ada
dalam dirinya, maka ia bukanlah pemuda sebenarnya.”
·
Politik dan Hukum
Dalam masalah politik dan hukum, kita bisa merenungkan beberapa ayat Allah dan
hadits nabi, sebagaimana berikut ini.
“…Barangsiapa yang tidak memutuskan menurut apa
yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir.” (al-Maa-idah: 44)
“...Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut
apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang zalim.” (al-Maa-idaah: 45)
“Apakah hukum Jahiliyah yang mereka kehendaki, dan
(hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang
yakin?” (al-Maa-idaah: 50)
“…Apakah kamu beriman kepada sebahagian Al Kitab
(Taurat) dan ingkar terhadap sebahagian yang lain? Tiadalah balasan bagi orang yang
berbuat demikian daripadamu, melainkan kenistaan dalam kehidupan dunia, dan
pada hari kiamat mereka dikembalikan kepada siksa yang sangat berat. Allah
tidak lengah dari apa yang kamu perbuat.” (al-Baqarah: 85)
وَلمْ
يَنْقُضُوْا عَهْدَ اللهِ وَ عَهْدَ َرسُوْلِهِ إِلاَّ سُلِّطَ عَلَيْهِمْ
اْلعَدُوُّ مِنْ غَيْرِهِمْ فَأَخَذَ بَعْضَ مَا فِيْ أَيْدِيْهِمْ ولَمْ
يَمْنَُوْا زَكَاةَ أَمْوَاِلهِمْ إِلاَّ مُنِعُوْا القُطْرَ مِنَ السَّمَاءِ
وَلََوْلاَ الْبَهَائِمُ لَمْ يُمْطَرُوْا وَمَا لَمْ تَحْكُمْ أَئِمَّتُهُمْ
بِكِتَابِ اللهِ إِلاَّ جُعِلَ بَأْسُهُمْ بَيْنَهُمْ (رواه الترمذي)
“...Tidaklah mereka melanggar perjanjian dengan
Allah dan rasul-Nya, kecuali mereka akan dikuasai oleh musuh dari
luar yang akan mengambil sebagaian harta
yang mereka miliki, dan tidaklah mereka menahan diri dari menunaikan kewajiban
zakat harta mereka, kecuali mereka akan
terhalang dari curah hujan, dan seandainya saja tidak ada binatang ternak
niscaya tidak akan turun hujan kepada mereka. Adapun selama para pemimpin mereka tidak berhukum
dengan Kitab Allah, maka konflik dan pertempuran akan terjadi diantara mereka.”
(HR. at-Tirmidzi dan Ibnu
Majah)
·
Militer
Ummat Islam dewasa ini tidak memiliki kekuatan
militer yang ditakuti dan diperhitungkan musuh-musuh Islam. Keberadaan kekuatan
militer sangat diperlukan untuk meninggikan kalimat Allah dan menebarkan
nilai-nilai kebenaran dan kebaikan di tengah-tengah manusia, sebagaimana yang
terjadi pada masa-masa kejayaan Islam. Di masa itu, banyak bangsa-bangsa lain
yang sangat merindukan kehadiran militer Islam di tengah-tengah mereka untuk
melindungi dan mengayomi mereka, seperti kisah Sa’ad bin Abu Waqqas yang
menarik pasukannya dari wilayah kekuasaannya.
Karena, wilayah itu tidak mungkin lagi dipertahankan oleh beliau dan ia
mengembalikan semua upeti yang ditarik dari penduduk setempat pada waktu itu.
Inilah kesan militer yang damai, menjunjung nilai keadilan dan menegakkan
hak-hak rakyat
Selanjutnya, ummat kehilangan identitasnya sebagai
khairu ummat, ummatan wasathan, serta syuhada ‘ala an-naas,
dan sebaliknya menjadi ummat yang terbelakang dan kekuatan tidak diperhitungkan
lagi oleh musuh-musuh Islam. Kekutan dan kualitas mereka bak “ghutsa”
(buih) di lautan. Rasulullah bersabda dalam hadistnya.
“Nanti ummat ini akan dikepung oleh bangsa-bangsa lain. Sebagaimana orang
yang makan itu mengepung nampan nasinya. Sebagian shbat bertnya: “Apakah jumlah
kita sedikit pada waktu itu? Beliau menjawab: “Tidak, bahkan jumalah kamu
banyak sekali pda waktu itu, akan tetapi (kualitas) kamu seperti buih, buih
arus. Dan sungguh Allah akan mencabut dari jiwa musuh-musuh kamu rasa takut
dari kamu. Dan selanjutnya Dia menanamkan penyakit “wahn” pada hati kamu.
Sebagian sahabat bertanya: “Wahai Rasulullah, apa wahn itu? Beliau bersabda:
“Hubbud dunya (cinta dunia) dan benci kematian.” (HR. Abu Daud dan Ahmad)
Fenomena di atas bermuara pada kecendrungan
manusia yang suka menyimpang dan berpaling dari kebenaran, watak manusia yang
selalu menentang ayat-ayat Allah kerena kebodohannya dan hawa nafsu yang
mendominasi kehidupannya. Hal ini sebagaimana yang jelaskan ayat-ayat quraniah
berikut ini;
“Maka tatkala mereka berpaling (dari kebenaran),
Allah memalingkan hati mereka; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada kaum yang
fasik.” (ash-Shaff: 5)
“Aku akan memalingkan orang-orang yang
menyombongkan dirinya di muka bumi tanpa alasan yang benar dari tanda-tanda
kekuasaan-Ku. Mereka jika melihat tiap-tiap ayat(Ku) mereka tidak beriman kepadanya. Dan jika
mereka melihat jalan yang membawa kepada petunjuk, mereka tidak mau
menempuhnya, tetapi jika mereka melihat jalan kesesatan, mereka terus
memenempuhnya. Yang demikian itu adalah karena
mereka mendustakan ayat-ayat Kami dan mereka selalu lalai dari padanya.” (al-A’raaf: 146)
“Dan kalau Kami menghendaki, sesungguhnya Kami
tinggikan (derajat)nya dengan ayat-ayat itu, tetapi dia cenderung kepada
duniadan menurutkan hawa nafsunya yang rendah, maka perumpamaannya
sepertianjing jika kamu menghalaunya diulurkannya lidahnya dan jika kamu membiarkannya
dia mengulurkan lidahnya (juga). Demikian itulah perumpamaan orang-orang yang
mendustakan ayat-ayat Kami. Maka ceritakanlah
(kepada mereka) kisah-kisah itu agar mereka berfikir. ” (al-A’raaf: 176)
III.
PROBLEMATIKA KONTEMPORER
Problematika-problematika ummat, yang sifatnya
kontemporer, bisa diklasifikasikan menjadi tiga bagian.
Ø
Penyimpangan-penyimpangan yang terjadi di tubuh ummat.
Ø
Penyakit ummat sebagai dampak dari penjajahan.
Ø
Kekuatan musuh dengan gerakan “Ghazwul Fikr”.
·
Penyimpangan-penyimpangan
Penyimpangan dan kesewenang-wenangan yang terjadi
dalam tubuh ummat ini, bisa disebabakan oleh kekuasan tangan-tangan besi dan
tiran, bisa muncul dari sebuah kebaikan yang semu, bisa lahir dari kelompok
penyeru dan para du’at yang mempunyai kepentingan-kepentingan pribadi dan bisa
lahir pula dari diri seorang muslim yang telah terjangkit virus-virus iaman dan
moral. Hal ini bisa kita perhatikan dari beberapa Hadits Rasulullah sebagai
berikut;
“Muncul masa kenabian selama masa yang Allah
kehendaki, kemudian berakhir. Kemudian, muncul masa khilafah yang lurus selama
masa yang Allah kehendaki, kemudian berakhir. Selanjutnya muncul raja-raja
secara turun-temurun selama masa yang Allah kehendaki, kemudian berakhir. Lalu
muncul masa kediktatoran selama masa yang Allah kehendaki, kemudian berakhir.
Kemudian akan muncul masa kekhilafahan yang lurus kembali yang tegak di atas
minhaj nubuah yang meliputi seluruh dunia.”
Hudzaifah bin al-Yaman berkata, “Semua manusia
bertanya kepada Rasulullah saw. tentang kebaikan, sementara aku bertanya kepada
beliau tentang keburukan yang mana aku takut menemuinya. Aku bertanya: “Wahai
Rasulullah, sesungguhnya kami dulu berda dalam kejahiliaan dan keburukan, lalu
Allah memberikan kepada kami kebenaran ini. Maka apakah setelah kebaikan ini
akan muncul keburukan? Beliau menjawab: “Ya”. Aku bertanya kembali: “Dan apakah
setelah keburukan ini akan ada kebaikan kembali? Beliau menjawa: “Ya, (akan
tetapi) di dalamnya ada kerusakan.” Aku bertanya: “Apa kerusakannya?” Beliau menjawab:
“Kaum yang menunjukkan dengan selain petunjukku, kamu mengenal mereka dan kamu
juga mengingkarinya.” Aku bertanya kembali: “Maka apakah setelah kebaikan yang
demikian ini ada keburukan lagi?” Beliau menjawab: “Ya, para da’I yang berada
di pintu-pintu Jahannam, barang siapa yang meresponnya maka ia akan terjerumus
di dalamnya.” Aku bertanya: “Wahai Rasulullah jelaskan kepada kami sifat-sifat
mereka. Beliau bersabda: “Mereka dari jenis kulit (golongan) kita dan mereka
berkata dengan lisan-lisan kita.” Aku berkata: “Apa yang Engkau intruksikan
kepadaku apabila menemuiku? Beliau bersabda: “Kamu harus bergabung bersama
jamaatul muslimin dan imam mereka.” Aku bertanya kembali: “Kalau sekiranya
tidak ada jamaah dan imam? Beliau berkata: “Jauhilah semua firqoh yang ada,
meskipun kamu menggigit akar pohon sampai datangnya kematian dan kamu tetap
begitu.” (HR. al-Bukhari)
وَمَا
لَمْ تَحْكُمْ أَئِمَّتُهُمْ بِكِتَابِ اللهِ إِلاَّ جُعِلَ بَأْسُهُمْ بَيْنَه (رواه
الترمذي)
“…ِAdapun selama para pemimpin mereka tidak berhukum
dengan Kitab Allah, maka konflik dan pertempuran akan terjadi diantara mereka.”
(HR. at-Tirmidzi dan Ibnu
Majah)
Beberapa hadits
di atas, menjelaskan kepada kita tentang fitnah, penyimpangan, dan kesewenangan
yang harus dihadapi umat ini ke depan, sebagaimana disebutkan di bawah ini.
Pertama, Penguasa diktator.
Mereka muncul setelah tumbangnya Khilafah
Utsmaniah pada tahun 1924, dan mereka semua menjadi boneka-boneka musuh Islam
seperti Musthafa Kamal at-Taturk, yang dengan gerakan westernisasinya, dijuluki
Bapak Turki, padahal ia adalah orang yang pertama kali menghancurkan
pilar-pilar dan simbol-simbol Islam setelah runtuhnya Khilafah Islamiah di
Turki. Selain Musthafa, ada banyak deretan nama dari para penguasa diktator
ini, yaitu sebagai berikut: Jamal Abdun Nashr, Husni Mubarak, Hafidz asad,
Shaddam Husain, dan beberapa penguasa lain yang saat ini memegang kekuasan di
dunia Islam
Kedua, Kebaikan yang
berpenyakit
Manusia-manusia
munafik yang menampakkan kebaikan secara lahiriah, tetapi dalam jiwanya
bersemayam kebencian, kedengkian, dan keinginan untuk merusak. Manusia-manusia
ini banyak kita jumpai di tengah-tengah masyarakat muslim. Ketika mereka
melakukan ekspansi kebaikan, mereka melakukannya bukan karena ikhlas untuk
Allah SWT, tetapi karena kepentingan-kepentingan pribadi yang disembunyikan.
Oleh karenanya, Rasulullah saw.mengomentari mereka dengan sabdanya, “Mereka
berjalan tanpa petunjukku, dan tidak pernah menjalankan sunnahku.”
Ketiga, Para penyeru
Neraka Jahannam
Tantangan berikutnya
yang harus dihadapi ummat ini adalah muncul para da’i gadungan, yaitu da’i yang
menjerumuskan umat. Mereka bukannya membimbing manusia ke jalan yang benar,
jalan kebaikan, jalan persatuan dan jalan kedamaian, tetapi mengajak umat untuk
berjuang mempertahankan kepentingan-kepentingan pribadi, menyeru kepada
perpecahan, keonaran, dan kerusakan. Rasulullah menjuluki mereka sebagai
da’i-da’i yang berada di pintu-pintu Neraka Jahannam, dan manusia-manusia yang
berhati iblis, namun berjasad manusia. (Riwayat Abu al-Aswad, Fathul Baary,
dan Ibnu Hajar al-Asqalani)
Keempat, Terurainya
ikatan Islam
Kelima,
Ditinggalkannya hukum Islam
Fenomena umat
Islam sekarang ini, sangat jelas bagi kita bahwa banyak umat yang telah
meninggalkan nilai-nilai ajaran agamanya baik sengaja maupun karena
kebodohannya setelah tumbangnya Khilafah. Para penguasa enggan berpeganteguh
pada tali-tali agama dan bahkan merasa bangga ketika menerapkan hokum-hukum
produk para penjajah. Lihat hokum kita di Indonesia, bagaimana kita bisa
samapai saat ini bangga dengan hokum-hukum Belanda? Logikanya, kalau hokum
Belanda bisa dipakai oleh masyarakat yang mayoritas umat Islam, kenapa hokum
Allah tidak pernah diuji dan diterapkan dalam kehidupan kita? Padahal para
penguasa dan pejabat semenjak merdeka adalah orang-orang muslim. Sementara
Allah menegaskan dalam firmanNya tentang kebenaran dan kebaikan hokum-hukumnya;
“Apakah hukum Jahiliyah yang
mereka kehendaki, dan (hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah
bagi orang-orang yang yakin?” (al-Maa-idaah:
50)
·
Penyakit umat sebagai dampak dari penjajahan
Pertama, Adanya LSM
dan yayasan-yayasan sebagai musuh-musuh Islam
Sebenarnya, negara-negara Islam belum sepenuhnya keluar dari cengkeraman
para negara egresor dan penjajah, seperti Indonesia, Tunisia, Siria, Mesir, dan
negeri-negeri yang lainnya. Mereka masih terjajah. Tidak kah mereka membawa
empat slogan yang selalu didengung-dengungkan? Yaitu, God (Tuhan atau
penyebaran agama), Gold (Emas), Gospel (kekayaan), dan Glory
(kejayaan). Empat tujuan ini masih mereka nikamati, meskipun mereka telah
hengkang dari negeri-negeri jajahannya.
Maka meskipun
secara fisik dunia Islam tidak terjajah, namun setiap dimensi kejidupan ummat
masih dalam cengkeraman konspirasi mereka. Dan konspirasi mereka inilah yang
dewasa ini dikerjakan oleh tangan-tangan LSM-LSM dan Yayasan-yayasan yang
digerakkan oleh anak-anak muslim yang sudah dicuci otaknya dan yang didanahi
oleh mereka, para penjajah. Seperti Freemansory, Rotary Club, Lion Club, LSM
sosialis komunis dan yang lainnya. Mereka bergerak sesuai keinginan
donatur-donatur mereka yang semuanya ingin memberangus kebenaran Islam.
Kedua, Keterbelakangan umat dari IPTEK dan industri
Setelah peperangan usai dan para penjajah hengkang dari bumi ummat Islam,
namun negara-negara ketiga yang notabane negeri muslim semakin hari semakin
terbelakang dan terpuruk dalam bidang iptek dan industri. Ini juga merupakan
langkah-langkah strategis yang dilakukan pihak Barat dan musuh-musuh Islam yang
tidak pernah ingin melihat ada satu negara muslim yang berkembang dan mengalami
kemajuan. Mari kita renungkan beberapa komentar dan pernyataan para orientalis
berikut ini;
Ø Salah seorang pejabat pada
Kementerian Luar Negeri Perancis pada tahun 1952 mengatakan: “Bahaya yang sebenarnya
mengancam kita adalah Islam. Untuk itu marilah kita beri apa yang dibutuhkan
oleh dunia Islam serta menanamkan pada diri mereka perasaan ketidakmampuan
untuk menjadi negara industri. Apabila kita lemah dalam pelaksanan strategi
tersebut, maka kemungkinan besar ummat Islam mencapai kemajuan dan menjadi
salah satu kekuatan raksasa di dunia untuk ke dua kalinya.”
Ø Bekas dictator Portugal,
Salazar berkata: “Saya kuwatir akan muncul di tengah umat Islam seorang tokoh
yang mampu menyatukan poyensi mereka dan mengarahkannya kepada kita.”
Mungkin kita bisa bertanya; dimanakah posisi
negara-negara muslim dewasa ini? Di sasat negara-negara modern telah berbicara tentang berbagai
revolusi besar yang hendak dijalankan; revolusi teknologi, revolusi biologi (geneologi,
cloning, penemuan peta gen manusia dan sejenisnya), revolusi elektronik,
revolusi ruang angkasa, revolusi komunikasi, informasi dan seterusnya. Di mana
posisi kita di tengah negara maju ini?
Ketiga, Paradigma berfikir yang salah
Dalam bidang pemikiran, para penjajah melahirkan
antek-antek mereka dari anak-anak negeri untuk mempengerahui ummat Islam
tentang cara berfikir yang benar. Mereka mengajak kembali kepada paradigma yang
dimiliki oleh para penjajah tersebut bukan kembali kepada Islam. Dengan dalih
mereka telah menemukan kemajuan dan sementara dunia Islam dalam kegelapan ilmu
pengetahuan. Jadi mereka menyerukan genarasi-generasi muslim untuk berkiblat
kepada nilai-nilai yang diyakini para penjajah. Dan nilai-nilai ini
bersandarkan kepada keyakinan, filsafat dan adat istiadat yang berkembang di
tengah mereka.
Bahkan kita melihat banyak dari kalangan umat ini
yang bangga dengan referensi Barat dalam bidang keilmuan yang seharusnya tidak
layak untuk dijadikan sebagai referensi maupun rujukan utama. Seperti dalam
bidang psikologi yang mengacu kepada pendapat Sigmun Freud, bidang sosiologi
dan moral.
Seharusnya, umat ini ketika menjadikan Islam
sebagai referensi utama, mereka harus kembali kepada Al-Quran, Al-hadits,
Ijma’, Aqwalu Sahabat, Aqwalu Tabi’in dan dalil-dalil yang dibenarkan dan
diakui dalam terminology istinbat dan ijtihad.
Keempat, Krisis identitas
Dari hasil kerja
para penjajah sebelum mereka meninggalkan negara-negara jajahannya adalah
keterbelahan jiwa ummat dalam memegang tali Allah SWT. Mereka menjadi minder
ketika disebut muslim, mereka malu dan merasa terbelakang apabila ditanyakan
tentang identitas dirinya sebagai muslim. Padahal seharusnya mereka berani
menunjukkan dengan jelas apa identitas mereka dan siapa mereka? Hal ini
dikarenakan seorang muslim memiliki identitas yang khas, kepribadian independen
dan loyalitas yang jelas. Ia adalah pemilik risalat bumi dan pemikul panji
dakwah universal yang berkarekter rabbaniah, insaniah dan akhlakiah.
·
Ghazwul Fikri
Ghazwul Fikri (Invasi pemikiran) adalah sebuah sarana musuh-musuh Islam untuk membrangus
nilai-nilai Islam lewat media-media mereka yang tersebar di tengah-tengah umat
Islam. Seperti media cetak, elektronik dan audio visual. Bisa kita lihat
pandangan pornografi di semua lini media diatas. Mulai dari iklan, film, buku,
kaset dan situs yang ada di tengah-tengah ummat. Ghazul fikri ini dilakukan
dengan tujuan untuk mencuci otak para generasi muslim dengan
pemikiran-pemikiran yang destruktif negatif.
Target dan
sasaran ghazul fikri
Adapun sasaran dan terget ghazwul fikri bisa
dikonklusikan sebagai berikut.
- Mencegah ruh
Islam tersebar ke seluruh persada bumi
Ø Menyebarkan berbagai
kebohongan tentang syari’at Islam
Ø Mengangkat segi-segi
kelemahan yang ada di berbagai negara Islam dan membebankannya kepada Islam
Ø Memberikan gambaran bahwa
Islam agama kekerasan dan pertunpahan darah
Ø Menampilkan berbagai
keistimewaan Islam sebagai kelemahannya
Ø Menuduh Islam merusak daya
cipta dan kecerdasan pengikutnya
Inilah ungkapan-ungkapan mereka tentang Islam;
Misionaris Takly berkata, “..Kita harus menjelaskan kepada umat
Islam bahwa apa yang benar di dalam Al-quran bukanlah sesuatu yang baru. Aka
tetapi sesuatu yang baru di dalam Al-Quran belumlah tentu benar.”
Orientalis Perancis berkata, “Agama Muhammad adalah semacam penyakit
lepra yang mewabah dan dapat memusnahkan umat manusia secara dahsiat. Siap yang
menganut Islam ia akan ditimpa penyakit lemah dan malas…”
Sebagian yang lain berkata, “Kuburan Muhammad bagaikan aliran tiang
listrik yang mengalirkan arus kegilaan ke dalam jiwa orang-orang Islam. Hal
inilah yang menyebabkan mereka melakukan hal-hal aneh; seperti mengulang-ulang
kata “Allah” tanpa batas, dan menghidupkan kebiasaan lama seperti mencaci
daging bai, alcohol dan musik…”
B. Menghancurkan Islam dari
dalam
Mereka menikam Islam dari dalam dengan menggunakan budak-budak atau
antek-antek mereka untuk menebarkan pemikiran-pemikiran yang negatif
destruktif. Dengan menggunakan anak-anak negeri jajahan, diharapkan ghozwul
fikri bisa berjalan mulus tanpa ada rintangan yang berarti. Sebagaimana yang
kita saksikan dewasa ini tentang gerakan femenisme yang berkembang di berbgai
negara Islam yang seolah-olah tidak rela akan kodratnya yang diciptakan beda
dengan pria. Mereka mendengungkan slogan emansipasi wanita yang sesungguhnya
adalah eksploitasi wanita yang berlebihan dan bertentangan dengan fitarh wanita
itu sendiri.
Anehnya dalam Konferensi International Kependudukan dan Pembangunan yang
diadakan di Kairo pada tahun 1994, Konferensi yang didukung oleh Barat dan PBB
memutuskan sebuah resolusi yang aneh dalam membatasi jumlah penduduk dengan
cara-cara sebagai berikut;
ü
Melegalisasi aborsi
ü
Mengusulkan kebebasab sex education dan sex
information
ü
Mendorong hubungan seksual ekstra-material
ü
Mendukung ekonomi pasar penyebaran alat-alat
kontrasepsi
IV.
SOLUSI DARI BERBAGAI PROBLEMA
Untuk menghadapi berbagai problematika umat dewasa
ini, baik yang bersifat permanen dan inheren maupun yang bersifat kontemporer
karena faktor eksternal, maka seluruh Umat Islam harus membangun kembali
kesadaran akan agamanya dan mengaplikasikan nilai-nilainya dalam setiap dimensi
kehidupannya.
Ada tiga fokus yang sangat mendasar, dimana setiap
individu muslim harus memperbaiki dirinya dalam hal ini.
Pertama, Memiliki ilmu pengetahuan.
“…Katakanlah: "Adakah sama orang-orang yang
mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?" Sesungguhnya orang
yang berakallah yang dapat menerima
pelajaran.” (az-Zumar:
9)
“…niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang
beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa
derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (al-Mujaadilah: 11)
Imam Syafi’i berkata, “Sesungguhnya jati diri seorang pemuda—demi Allah—ada
dalam ilmu dan ketakwaannya. Apabila
keduanya tidak ada dalam dirinya, maka ia bukanlah pemuda sebenarnya.”
Kedua, Tarbiah secara kontinyu.
“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada
kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah
orang-orang yang beruntung.” (Ali
’Imran: 104)
Ketiga, Berjihad
sepanjang masa.
“Hai orang-orang yang beriman, ruku'lah kamu,
sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu dan perbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat
kemenangan.Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya.
Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam
agama suatu kesempitan. (Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah
menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu, dan (begitu pula) dalam
(Al Qur'an) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu
semua menjadi saksi atas segenap manusia, maka dirikanlah sembahyang,
tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia adalah Pelindungmu,
maka Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong.” (al-Hajj: 77-78)
Akhirnya, kita hanya bisa berdoa dan berharap
semoga kita termasuk orang-orang yang memulai untuk berbenah diri dalam
menghadapi berbagai problematika ummat sekarang ini. Wallahu a’lam
bish-shawwab.
0 komentar:
Posting Komentar